My books ∼ Buku-buku saya

Ada satu kalimat yang menyentak ke relung kalbu saya, yang diutarakan oleh penulis berbakat Indonesia: Pramoedya Ananta Toer, dimana beliau mengatakan bahwa:

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”

Bekerja untuk keabadian …. kata-kata itu yang selalu mengiang-ngiang di telinga saya. Sesuatu yang tidak mungkin karena manusia sifatnya fana. Tetapi eternal menjadi mungkin dengan menulis, membuat tulisan.

Saya tentu ingin mencoba menjadi bagian dari suatu keabadian ataupun menciptakan keabadian itu sendiri. Untuk diri saya sendiri terutama  dan untuk itulah saya mencoba mengikuti nasehat om Pramoedya itu, mencoba untuk menulis dan juga membagikannya.

Membagi tulisan atau istilah trendnya adalah men-share tulisan saya lakukan melalui tulisan yang dimuat di media-media cetak  (seperti jurnal, koran dan lain sebagainya), media online (seperti website dan blog), juga melalui buku yang sementara ini baru disusun dengan sistem kompilasi, atau ditulis secara keroyokan.

Di bawah ini adalah beberaapa buah buku yang ditulis dengan metode antologi atau berupa kumpulan tulisan. Bagi saya cukup membanggakan, sudah terdapat beberapa tulisan yang dibukukan, walau masih bersifat kompilasi.

Still in my dream to have the ability to produce my own book and it’s my real dream though. Please pray for me (doain yaaaa).

Buku-buku dimana saya menjadi salah seorang penulisnya ∼ books where I was one of the authors:

1. (2011) An antology poetry compilation – entitled: Bait-Bait Hati.

Bait bait hati
Bait bait hati

2. (2012) An antology book – entitled: Parcel Cinta di Hari Raya with my pen name: Bugi Kamara – it is about religious experience in Ramadhan.

Parcel cinta di hari raya
Parcel cinta di hari raya

3. (2013) An insight from different angle (Hitam putih Bogor)

Hitam putih bogor
Hitam putih bogor

synopsis:

Hitam Putih Bogor merupakan kumpulan kisah dari 20 blogger Bogor yang tertuang di blog komunitas, tulisan dibagi menjadi dua kelompok, Hitam dan Putih. Kelompok Hitam berkisah hal-hal yang membutuhkan perbaikan, katakanlah segala hal negatif tentang Bogor. Selain menyajikan temuan negatif tersebut, usulan perbaikan juga diberikan. Dengan demikian, Kelompok Hitam tidak berkesan sekadar bisa menghakimi tetapi juga menyodorkan solusi. Sedangkan yang terkumpul dalam Kelompok Putih, memaparkan hal-hal positif tentang Bogor misalnya keunggulan yang dimiliki Kota Hujan ini dalam bidang pariwisata, kuliner, dan lain-lain. Sama seperti Kelompok Hitam, para penulis di kelompok ini juga memberikan masukan bagaimana hal yang sudah baik ini bisa lebih ditingkatkan lagi.

Hitam Putih Bogor adalah ungkapan cinta. Isinya bukan segala puji dan sanjungan tetapi juga kritikan. Seperti itulah seharusnya bentuk sayang. Bukan hanya yang baik yang dipedulikan, pun yang buruk. Dengan demikian, yang tidak baik bisa dikenali untuk kemudian dibenahi dan diperbaiki.

Saya sangat berharap hal yang sama dapat ditangkap oleh para pembaca ketika menikmati lembar demi lembar buku Hitam Putih Bogor. Dengan demikian, rasa cinta dan memiliki yang dirasakan oleh para blogger Kota Bogor akan menular kepada para pembaca [Diani Budiarto, Walikota Bogor]

Buku ini menegaskan kembali betapa pentingnya antisipasi yang perlu dilakukan Pemda Kota Bogor terhadap isu yang ada. Kalau belum direspon oleh Pemda maka sebaiknya komunitas blogor bisa memberikan saran-saran nyata apa saja bagi kelestarian lingkungan kota Bogor. [Profesor Tb. Sjafri Mangkuprawira, Pembina Blogor]

Bogor selalu menyajikan ketenangan yang, mungkin, susah saya temukan di kota lain. Bogor adalah pilihan jitu untuk menidurkan resah. Kabut dan hujan. Selalu ada yang disembunyikan oleh kabut. Seperti hujan yang juga rajin menyembunyikan kenangan. Ya, selalu ada harapan. Mengurai benang, sebasah atau sekusut apa pun, pasti ada jalan. Rasanya saya ingin kembali pada petuah karuhun: Ka hareup ngala sajeujeuh, ka tukang ngala salengkah. Agar bisa maju setapak, kita harus punya pengalaman selangkah. Mari menikmati Hitam-Putih Bogor! [Khrisna Pabichara, Novelis Trilogi Sepatu Dahlan]

NOTE: tulisan saya didalam buku ini seperti tercantum dalam link tulisan saya di sini: https://bugisumirat.wordpress.com/2011/12/11/melirik-sisi-edukasi-lingkungan-di-sekitar-kita-pengalaman-tinggal-di-kota-bogor/

3. [2014] Buku berjudul: Social Forestry di Sulawesi by: Bisjoe, A. R. H., Muin, N., Hayati, N., Sumirat, B. K., Wakka, A. K., Asdar, M., et al. Makassar: FORDA Makassar.

buku soc for 2014

buku soc for 2014B

Ebook Social Forestry di Sulawesi dapat diunduh pada link terlampir di bawah ini:

http://www.forda-mof.org//files/Buku_Sosial_Forestry_di_Sulawesi_BPK_Mks.pdf

4. [2016] Buku bunga rampai (antology) berjudul: “Kemitraan Pengelolaan Hutan Rakyat: Pembelajaran dari Bulukumba, Sulawesi Selatan [Private forest Management Partnership: Lessons Learned from Bulukumba, South Sulawesi]. Dalam buku ini tulisan saya berjudul: “Bagaimana Petani Hutan Rakyat Bermitra” [How do private forest farmers establish a partnership?] halaman/page: 91-116

buku aciar

Buku tersebut tersedia pula dalam bentuk ebook (pdf file) dan dapat diunduh di sini: Ebook [pdf file] dan atau dapat diunduh melalui website Badan Litbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan link: di sini.

5. [2016] Buku yang merupakan hasil dari kolaborasi research project selama 5 tahun bekerja bersama (lihat postingan di atas, poin nomor 4) disintesa dan menjadi sebuah buku ini. Please enjoy reading dan terdapat pula bentuk ebook-nya.

CBCF1

CBCF2

Buku tersebut tersedia pula dalam bentuk ebook (pdf file) dan dapat diunduh di sini: Ebook [pdf file]

****

 

Terima kasih.

@kangbugi

 

 

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s