Produk Sermani Steel, mempertahankan kualitas untuk kebaikan & kepuasan konsumen


Apa sih yang ada di benak kita saat mendengar kata Sermani Steel? Sebagian jawaban betul, sebagian salah juga. Tetapi yang mengerucut dari mereka yang berpendapat benar adalah bahwa Sermani Steel hanya menghasilkan produk yang berkualitas berstandarkan SNI (Standar Nasional Indonesia) saja.

Plang PT. Sermani seperti terpatri ddi pintu masuk lingkungan kantornya (dok. pribadi)
Plang PT. Sermani seperti terpatri ddi pintu masuk lingkungan kantornya (dok. pribadi)

Iyakah? Ya iya dong. Perusahaan yang didirikan di Kota Makassar Prov. Sulawesi Selatan sejak tahun 1970 itu, sejak awal, selalu mengedepankan kualitas produk di atas segalanya. Sermani, yang merupakan perusahaan joint venture antara putra Sulawesi Selatan, Bapak H. Syamsuddin Daeng Mangawing dengan perusahaan Jepang (Marubeni dan Nippon Kokan/NKK) ini telah berkomitmen sejak awal untuk selalu memperhatikan kualitas produk di atas segalanya. Perusahaan yang digawangi oleh Bapak Rudi S. Syamsuddin selaku Managing Director PT. Sermani Steel, tidak mau PT. Sermani ini menghasilkan produk-produk yang memiliki ukuran maupun kualitas yang ‘banci‘.

Produk andalan Sermani, perhatikan logo SNI pada produk yang berwarna merah tersebut (dokumen pribadi)
Produk andalan Sermani, perhatikan logo SNI pada produk yang berwarna merah tersebut (dokumen pribadi)

Kualitas banci, seperti apa itu? Menurut penjelasan bagian Marketing dan Umum PT. Sermani Steel yaitu pak Fritz dan pak Hedy, Sermani pantang mengeluarkan produk banci atau abal-abal, saat berbincang-bincang dengan blogger-blogger Makassar di acara Buka Bersama PT. Sermani Steel dengan para blogger dan stakeholder lainnya (seperti dalam video terlampir dalam artikel ini). Kalau ketentukan produk yang dihasilkan harus memenuhi unsur dan ukuran A, B dan C, misalnya, maka produk yang dihasilkan harus berunsur A,B dan C juga, tidak bisa berukuran lebih kurang atau lebih dari itu.

Secara lebih lengkap, Sermani yang berpusat di Makassar telah melengkapi perusahaannya ini dengan 3 (tiga) kategori, yaitu SNI, Proper biru – predikat tentang perhatiannya terhadap lingkungan yang telah diperolehnya selama 10 kali berturut-turut dan ISO 9001.

Dengan produk yang ber-SNI, sesungguhnya konsumen akan lebih diuntungkan karena akan memperoleh barang dengan kualitas yang dapat dijamin serta awetnya itu akan lebih lamaaaaa [sengaja huruf ‘a’ nya saya tambahkan untuk menunjukkan keawetan produk luaran PT. Sermani Steel ini], dibandingkan dengan yang tidak ber-SNI.

Keuntungan untuk konsumen lainnya yaitu dengan membeli barang ber-SNI, membantu konsumen terbebas dari produk yang berbahaya bagi keselamatan hidup, kesehatan, ataupun lingkungan. Jadi kalau ingin membeli barang, lihat dulu ya, ada SNInya atau tidak?

Beberapa produk andalan PT. Sermani Steel, yang memiliki produksi per tahunnya sekitar 10.000 – 20.000 ton (walau kapasitas terpasang mesinnya adalah 40.000 ton/tahun), seperti tertuang dalam brosurnya adalah:
– Atap seng Sermani,
– Sermani Spandek,
– Sermani Galvalume, dan
– Sermani Coil Galvalume.

This slideshow requires JavaScript.

Melihat keunggulan-keunggulan produk ber-SNI besutan PT. Sermani Steel – yang memiliki lambang seekor kijang jantan (dalam bahasa setempat di sebut Jonga) berwarna merah ini memunculkan motivasi untuk selalu memperhatikan kualitas produk terlebih dahulu – dengan melihat apakah sudah sesuai dengan SNI atau belum, maka tiada keraguan lagi untuk menggunakan produk-produk Sermani. Apalagi, secara komersial sekaligus memanfaatkan aspek CSR-nya (corporate social responsibility), Sermani diikutkan dalam program bedah rumah, termasuk pula dalam renovasi-renovasi rumah ibadah. Sehingga Sermani sangat sesuai dengan mottonya, yaitu: Solusi lengkap kontruksi atap bangunan.

Kalau saya sih sudah tidak ragu lagi, semoga anda juga tidak yaaa.

Semoga manfaat.

Makassar, Mei 2018
@kangbugi

– untuk informasi lebih jauh tentang PT. Sermani Steel, anda dapat langsung menghubungi melalui telpon atau faks: 0411-42254/0411-442257, bisa juga mengunjungi pabriknya, yang terletak di Jl. Urip Sumoharjo KM. 7, Tello Baru, Makassar, ataupun melalui email: marketing sermani@yahoo.com serta melalui sosial media PT. Sermani Steel (facebook dan Instagram).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s