Blogging dan story telling, dua-duanya bermanfaat

dscn3398r

dscn3446r
Si Otan telling stories

 

Kemarin (27/10/2016) adalah Hari Blogger Nasional (National Blogger Day) dan dua hari sebelumnya (25-26/10/2016) kantor saya kedatangan tamu para krucil-krucil (maksudnya siswa SD – sekolah dasar) yaitu dari SD Sion Makassar, yang berlokasi di Jalan Sulawesi (dahulu jalan Irian) no. 93-95 Makassar.

Mereka, yang datang dalam dua kloter selama dua hari adalah siswa-siswi kelas lima SD. Tujuan mereka datang beserta beberapa guru dan orang tua murid untuk, katanya, mendapatkan informasi dan ilmu tentang lingkungan hidup dan kehutanan.

Kantor saya memang sebuah lembaga penelitian, yaitu Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Makassar. Bolehlah de’ kami share ya sedikit ilmu yang kami miliki untuk adik-adik murid SD Sion yang baik.

Dari Kelompok Peneliti (Kelti) dimana saya bernaung yaitu Kelti Sosial Ekonomi Kehutanan, dua orang menyampaikan materi, saya sendiri dan rekan saya ibu Nurhaedah Muin. Materi saya berjudul “Menanam pohon sebagai tabungan masa depan” sementara rekan saya itu memberikan materi terkait dengan Persuteraan Alam yang merupakan primadona Sulawesi Selatan.

Saya memilih pola story telling atau mendongeng daripada presentasi formal. Untuk anak-anak kelas lima SD, saya khawatir akan terlalu berat dan membosankan. Saya tetap membuat materi presentasi dalam bentuk power point sebagai alat bantu – dengan format yang siap untuk interaktif dengan anak-anak. Tidak lupa saya sisipkan foto, video dan musik sebagai bahan interaktifnya.

Sayapun menggunakan media tambahan yaitu berupa hand puppet (boneka tangan) yang berbentuk Orang Utan yang saya beri nama si Otan. Ukuran boneka tangan ini lumayan besar, seukuran anak balita deh. Saya menggunakan lengan kiri saya yang saya fungsikan sebagai (seolah-olah)  si Otan. Diujung tangan si Otan saya beri batang bambu kecil yang bisa dilepas-pasang untuk memudahkan saya saat menggerakkan kedua tangan si Otan (seperti sebuah wayang).

Diluar kegiatan kantor, saya memang suka berkegiatan sebagai pendongeng, seperti mendongeng saat acara ulang tahun anak, mendongeng di pesantren, sekolah-sekolah dan lain sebagainya.

Saat mendongeng biasanya saya juga menggunakan dua aksesoris tambahan di tubuh saya, yaitu topi dan syal – ini hukumnya wajib bagi saya. Sebagai trade mark saja.

Langkah-langkah mempersiapkan story telling sama dengan langkah-langkah dalam mempersiapkan tulisan yang akan dimuat dalam blog, yaitu:

– Mencari ide yang akan disampaikan,

–  Melakukan riset terkait dengan ide tersebut,

– Menyusunnya kedalam suatu mind map,

– Menuangkan ke dalam tulisan (dalam blogging) – menyusun suatu skenario kecil untuk penyampaian lisan agar terstruktur (dalam story telling),

– Menyusun kata hingga kalimat dan paragraf yang enak dibaca (dalam blogging) – Mendongeng dengan penyampaian yang menarik dan interaktif (dalam story telling),

– Menyusun kesimpulan di bagian akhir.

Anak-anak terlihat antusias saat saya mendongeng – mungkin juga karena cukup besarnya ukuran si Otan (seperti dalam foto) yang membuat mereka agak ragu, antara ingin bermain-main dengan si Otan, agak takut juga karena membayangkan bahwa si Otan bukanlah sebuah boneka, tetapi betul-betul seekor Orang Utan, demikian seperti yang mereka sampaikan ke saya saat saya tanya kesannya tentang si Otan.

Seperti saat kita blogging, kita akan sangat senang bila tulisan kita sampai ke targetnya yaitu dibaca orang dan ditanggapi oleh para pembacanya. Demikian dengan story telling. Rasanya sangat puas ketika saat mendongeng dilakukan, audiens merespon dengan aktif dan positif dengan apa-apa yang kita sampaikan dan kita lakukan sesuai dengan skenario serta materi yang dipersiapkan. Sambil pula bernyanyi, bergoyang dan berjoget dengan mereka sebagai bagian dari mendongeng yang interaktif.

Demikian pula yang saya rasakan saat mendongeng dihadapan siswa-siswi SD Sion tersebut kemarin ini, saya akan senang sekali bila mereka juga senang, senang karena mendapatkan ilmu tentang Kehutanan dan Lingkungan Hidup dan dapat pula ‘fun’nya mendengarkan (dan terlibat dalam) story telling tersebut dengan riang dan gembira.

Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Blogger Nasional 2016.

@Kangbugi

[catatan: foto-foto adalah koleksi pribadi]

Selengkapnya saya posting juga di sini: http://www.kompasiana.com/bugisumirat/blogging-dan-story-telling-dua-duanya-bermanfaat_58125cb2a323bd5237343b9b

dscn3380r
pemanasan sebelum si Otan muncul mendongeng
dscn3393r
Mendongeng
dscn3398r
Saya dan si Otan
dscn3441r
Saya dan si Otan
dscn3392r
Siswa – guru dan orang tua
dscn3445r
Siswa – siswi asyik mendengarkan cerita si Otan
dscn3413r
Teman-teman kantor yang mendukung si Otan

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s