Semua ciptaanNya itu cantik

Indonesian women

Indonesian women
Indonesian women

Adem melihat foto di atas, sekumpulan wanita Indonesia, berkebaya, bersanggul, berkain, Indonesia banget.

Malah mungkin lebih lengkap kalau ada jajaka Indonesia juga yang mengenakan baju yang Indonesia bingits juga – minimal berkopiah hitam dan berbatik. Kalau mau agak njawani, bisa bersurjan dan berkain batik, tapi mengenakan blangkon, bukan kopiah hitam.

Cantik? yup, agree. Mereka cantik-cantik. Mungkin karena they are my type as well.

Tiba-tiba ada yang berkomentar, “lebih cantik kalau mereka mengenakan jilbab, lebih syar’i pula.”

Hmhmhm … soal syar’i, no comment dulu, will be discussed later on. Soal kata ‘lebih cantik’, ini yang lumayan menarik duluan untuk saya komentari.

Penggunaan kata lebih cantik bila berhijab, is that appropriate word to say? Kalau tidak berhijab tidak lebih cantik ya? A big no for me.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) memberikan pengertian cantik dengan: cantik1/can·tik/ a 1 elok; molek (tentang wajah, muka perempuan); 2 indah dalam bentuk dan buatannya: meja ini — sekali— molek 1 sangat rupawan (tentang orang perempuan); 2 cantik (bagus) sekali (antara bentuk, rupa, dan lainnya tampak serasi.

Mereka yang dalam foto itu sudah cantik – seperti arti cantik dalam KBBI. Soal hijab. Terpulang kepada merekalah, mau pakai atau tidak. Siapa tahu yang didalam foto itu ada yang non muslim yang menjadikan hijab bukan dari bagian keyakinannya. Bisa juga dengan alasan lain, walau muslim, tidak mengenakan hijab. Kita bukan dalam tempatnya untuk menilai sesama manusia. Itu kita kembalikanlah ke Yang Maha Pemilik alam ini. Suka amat sih kita ini mengambil porsiNya, hakNya, ya untuk menilai itu. Meletakkan kata ‘lebih’ sebelum kata cantik untuk yang berhijab menjadi suatu penilaian, dan it’s not our right, my dear bro and sist.

Kita cuma punya satu penilaian saja kok, yaitu setiap ciptaanNya, Allah SWT, sudah cantik, sudah ganteng, sudah perfect, titik!

Mau dia dipakaikan baju bodo-nya orang Makassar, baju tagalog-nya orang Filipina, baju kurung panjang-nya orang Melayu, mereka adalah ciptaan-ciptaanNya yang cantik (dan ganteng untuk yang pria).

Memberikan atribut hijab tambahan kepada mereka yang menginginkan untuk mengenakannya, bukan supaya mereka lebih cantik kok, tapi sebagai salah satu (salah satu saja ya, bukan keseluruhan) tanda atau bentuk ketakwaan mereka kepada yang memberi perintah itu, ya Tuhan mereka. Namun lagi-lagi, bukan hak kita, bukan wewenang kita untuk menilai mereka takwa atau tidak, hanya karena mereka tidak mengenakan hijab. Please, don’t do that, otherwise, kamu akan dianggap mengambil hak Allah, kecuali memang itu tujuan kamu.

Saya sih nggak berani seperti itu hehehe.

Yuk ah ….

@Kangbugi

Note: pernah juga saya mengotak-atik tentang pengertian cantik dan ganteng … sepertinya a few years behind seperti dalam link di sini.

[Foto di atas saya unggah dari laman facebook milik Diasma Sandi Swandaru].

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s