Sudah saatnya Petani Hutan Rakyat Pintar membuat Keputusan

MTG kompasiana

1432146714713062151

Jika hari pertama pelatihan MTG (Master TreeGrower), penekanan diberikan kepada pengenalan MTG serta bagaimana hubungan petani hutan rakyat terhadap pasar kayu – yang merupakan muara dari kayu-kayu yang ditanam oleh petani, maka hari kedua pelatihan MTG (Master TreeGrower) di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan (Rabu, 20/05/2015) memberikan catatan tersendiri yang perlu diketahui.

1432146886861502812

 

Seperti dalam arahannya di hari kedua yang diberikan kepada seluruh peserta pelatihan MTG, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Bulukumba, Ir. Misbawati A. Wawo, MM., mengatakan bahwa pihak Dishutbun Kabupaten Bulukumba selalu memperhatikan kepentingan petani hutan rakyat di wilayahnya, termasuk dengan mengadakan pelatihan MTG ini. Hanya saja, Bagaimana petani hutan rakyat memanfaatkan hasil pelatihan ini, berpulang kepada para petani hutan rakyat itu sendiri, mau atau tidak mengaplikasikan hasil-hasil yang diperolehnya dari pelatihan MTG. Karena pelatihan MTG ini membekali petani hutan rakyat agar dapat menghasilkan kayu yang berkualitas sehingga memiliki harga jual yang lebih baik (tinggi).

Kadishutbun Kabupaten Bulukumba betul.

Materi pelatihan MTG dihari kedua memberikan kesempatan kepada petani untuk belajar tentang pengukuran dan pengelolaan (manajemen) hutan rakyat, disertai praktik-praktik singkat.

Pengukuran yang diberikan kepada petani hutan rakyat terkait materi pengukuran pohon, log dan tegakan serta pengukuran tinggi, diameter dan basal area. Sementara materi manajemen atau pengelolaan hutan rakyat memberikan petani hutan rakyat pilihan-pilihan manajemen atau pengelolaan hutan rakyat agar petani hutan rakyat dapat nantinya memutuskan bagaimana petani hutan rakyat mengelola lahannya, termasuk pemangkasan dan penjarangan yang baik (pruning dan thinning).

Untuk mempraktikan pengukuran dan pengelolaan, petani hutan rakyat dibekali alat meter kayu dan gaus (gauge) yang merupakan alat pengukuran kayu yang berfungsi memberikan pertimbangan kepada petani kapan petani perlu melakukan pemangkasan maupun penjarangan tanaman-tanaman kehutanan di lahan miliknya.

Pelatihan Master TreeGrower ini memberikan banyak pilihan-pilihan maupun pertimbangan-pertimbangan kepada petani hutan rakyat untuk bagaimana petani hutan rakyat memutuskan pengelolaan lahannya atau hutannya sesuai dengan pilihannya maupun kehendaknya.

Setelah selesai mengikuti pelatihan MTG, para peserta diharapkan menjadi seorang ‘master‘ atau guru atau ahli, yang memiliki keahlian yang memadai untuk memperbaiki kondisi hutan rakyatnya dengan keputusan yang dibuatnya sendiri selaku seorang petani hutan rakyat.

Anda harus menentukan jalan anda sendiri (sebagai petani hutan rakyat), karena kalau hanya mengikuti seseorang, maka anda tidak mengetahui dimana anda akan berhenti.” Demikian seperti disampaikan pemateri pengelolaan hutan rakyat, Ir. Achmad Rizal HB. MT. Untuk menambah keyakinan para peserta bahwa petani hutan rakyat adalah pemimpin/manajer lahan hutan rakyat miliknya.

Master TreeGrower (MTG) memiliki beberapa kriteria yang perlu dimiliki petani hutan rakyat agar dapat disebut sebagai seorang ahli di bidangnya, yaitu ahli dalam membuat keputusan yang baik bagi diri dan keluarganya maupun lahan hutan rakyat miliknya.

Kriteria-kriteria tersebut adalah:

  1. Anda (petani) sendiri yang membuat keputusan: mau menanam pohon apa di lahan anda.
  2. Tidak ada “jenis tanaman” dan “cara yang paling baik” dalam menanam pohon.
  3. Setiap petani atau lahan itu berbeda, maka kondisi hutan rakyat pasti akan berbeda pula.
  4. Anda harus bertanggung jawab atas keputusan yang anda buat sendiri.

Hal terpenting lainnya, disebutkan bahwa seorang ‘master‘ (MTG) itu tidak pernah berhenti belajar. Belajar untuk dapat membuat keputusan mana yang lebih baik untuk kepentingan pengelolaan lahan hutan rakyatnya.

Semoga bermanfaat

Mei 2015

@kangbugi

(foto-foto dokumentasi pribadi)

Link tulisan tentang MTG dapat dilihat di sini:

  1. Pelatihan petani hutan rakyat sangat diperlukan oleh petani, pembelajaran dari bulukumba
  2. Hutan rakyat dirawat kualitas kayu lebih baik petani sejahtera

[Sudah di published pula di Kompasiana]

 

1432147315785127757

14321474321981382134

1432147649446900677

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s