MTG (Pelatihan Petani Hutan Rakyat) sangat diperlukan untuk petani hutan hutan rakyat


1432080707580001185

Perlu sekali dilakukan pembinaan/pelatihan yang berkelanjutan terhadap petani hutan rakyat, karena sangat bermanfaat bagi mereka.” Demikian salah satu butir pernyataan Staf Ahli Pembangunan, saat membacakan sambutan tertulis Bupati Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Bapak H. Zainuddin Hasan dalam pembukaan acara Gelar Teknologi MTG (Master TreeGrower) Training yang bertempat di Hotel Agri, Bulukumba tanggal 19 Mei 2015. Pelatihan ini sendiri, yang merupakan kerjasama antara Balai Penelitian Kehutanan Makassar (BPKM) dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan dan berlangsung selama 3 (tiga) hari hingga tanggal 21 Mei 2015.

1432080802802918334

Lebih lanjut, Bupati Bulukumba berpesan bahwa MTG sangat diperlukan oleh petani dan berharap training MTG ini dapat dilakukan secara rutin setiap tahunnya dan Kabupaten Bulukumba memiliki alumni MTG terbesar di Indonesia. Apalagi, saat ini, atas inisiatif Kepala Dishutbun Bulukumba, Ir. Misbawati A. Wawo, MM., Kabupaten Bulukumba menjadi satu-satunya kabupaten di Indonesia yang melaksanakan pelatihan terhadap petani hutan rakyat dengan menggunakan metode atau pola MTG (Master TreeGrower) yang sudah jelas manfaatnya bagi para petani. Alasannya – seperti yang pernah disampaikannya kepada saya dalam satu kesempatan,”Saya ingin petani hutan rakyat Bulukumba menjadi petani yang pintar yang maju yang dapat meningkat kesejahteraannya dari sektor kehutanan serta dapat ikut berkompetisi di dunia kehutanan yang bersifat komersial (commercial forestry).”

14320808761309407835

Sementara pelatihan MTG itu sendiri, seperti dikatakan Kepala Seksi Data dan Informasi BPKM – mewakili Kepala BPKM, Ir. Misto, MP., yang berhalangan hadir, pelatihan MTG untuk petani hutan rakyat merupakan sebuah hasil penelitian yang terbukti efektivitasnya yang sedang dikembangkan di Indonesia, sebagai bagian dari kerjasama penelitian yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan (Badan Litbanghut) – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Australian Center for International Agriculture Research (ACIAR).

1432080923956386692

MTG itu sendiri merupakan (pendekatan) pelatihan yang pertama kali diperkenalkan oleh Rowan Reid – seorang petani hutan rakyat dan dosen di Australia. Rowan juga mendirikan Yayasan Agroforestry Australia (Australian Agroforestry Foundation). Inti dari pelatihan MTG ini, yang diciptakan sejak tahun 1996 ini, adalah pelatihan yang menekankan pada ‘membuka’ wawasan petani hutan (khususnya petani hutan rakyat) agar memiliki pertimbangan dalam pengambilan keputusan (decision making) yang lebih baik lagi. Petani perlu memahami bahwa menanam tanaman kehutanan ternyata memerlukan perawatan. Tanaman kehutanan tidak hanya ditanam kemudian dibiarkan begitu saja hingga waktu panen nanti. Hal lain lagi adalah bahwa petani hutan rakyat harus memiliki pengetahuan tentang pasar kayu yang akan dihadapinya kelak. Petani perlu mengetahui berapa harga kayu untuk jenis-jenis kayu yang ditanamnya agar petani dapat memprediksi ‘income‘ yang kelak akan diperolehnya. Sehingga pengetahuan tersebut akan berimplikasi terhadap pola pengelolaan hutan rakyat yang dilakukannya (seperti melakukan pemangkasan dan penjarangan – dengan metode yang lebih baik lagi: metode MTG) yang teratur agar menghasilkan kayu yang berkualitas. Karena kualitas kayu baik, harga kayu akan baik, kualitas kayu buruk, harga kayupun akan buruk. Petani harus memilih kualitas kayu mana nantinya yang akan dihasilkan.

Di dunia, pelatihan MTG ini (dalam koordinasi Rowan Reid) telah dilaksanakan di Australia, Afrika dan Indonesia. Sementara di Indonesia, dalam skala kecil, pelatihan MTG telah dilakukan di 5 (lima) lokasi yaitu Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah; Kabupaten Gunung Kidul (Provinsi Yogyakarta), Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat; Kabupaten Konawe Selatan (Provinsi Sulawesi Tenggara) dan Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Seluruh kegiatan pelatihan ini didanai oleh ACIAR.

14320809951526050685

Dalam pelatihan MTG di Bulukumba ini, peserta pelatihan cukup beragam, terdiri dari petani hutan rakyat – dari 7 (tujuh) kecamatan di Bulukumba, yitu: Herlang, Bonto Tiro, Rilau Alle, Gantarang, Ujung Loe, Kindang, Bulukumpa, penyuluh kehutanan, pengusaha sawmill dan polisi hutan. Sementara para nara sumber pelatihan MTG berasal dari peneliti-peneliti sosial ekonomi BPKM yang telah mumpuni menerima transfer ilmu MTG, langsung dari pakarnya yaitu Rowan Reid.

Kegiatan ini terlihat cukup berhasil dari jumlah peserta yang hadir serta antusiasme peserta pelatihan yang berlangsung hingga sore hari. Pesertapun banyak yang mengapresiasi kegiatan pelatihan MTG ini dengan mengatakan bahwa sebagai petani hutan rakyat, mereka sangat membutuhkan pelatihan-pelatihan seperti pelatihan MTG ini yang sangat bermanfaat bagi mereka, petani hutan rakyat. Yang menarik lainnya adalah dalam pelatihan ini, cukup banyak peserta wanita yang cukup mendapat apresiasi oleh banyak pihak.

Petani hutan rakyat, untuk perbaikan pengelolaan hutan rakyat di masa depan dan untuk tingkat kehidupan masyarakat yang lebih baik dari sektor kehutanan, the decision is yours now (Keputusan ada di tangan anda).

Semoga bermanfaat.

Mei 2015

@kangbugi

[Foto-foto koleksi pribadi]

Link tulisan terkait pelaksanaan training MTG di Kabupaten Bulukumba dapat dilihat di sini:

1. Petani hutan rakyat perlu pintar membuat keputusan, pembelajaran dari pelatihan MTG di Bulukumba, Sulawesi Selatan

2. Hutan rakyat dirawat, kualitas kayu lebih baik petani sejahtera, pembelajaran dari pelatihan MTG di Bulukumba, Sulawesi selatan

[Artikel ini sudah dipublished pula di Kompasiana]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s