Tip menulis: dalam menulis perlu menjaga nilai berita


Sebelum sampai masuk kepada materi pekerjaan, selepas tekanan macet di jalan menuju kantor (bayangkan, sangat tidak masuk akal, dari pertigaan dekat kantor di jalan RE. Abdullah, Bogor yang berjarak cuma sekitar dua ratus meteran, terjebak macet selama kurang lebih 45 menit, stuck, terkunci tidak bisa maju ataupun mundur. Menyesal saya menggunakan motor hari ini, kalau saja naik angkot, sudah leluasa saya memilih untuk berjalan kaki saja).

Namun, rasa suntuk yang memuncak, sambil diiringi secangkir kopi di meja kerja, membuka komputer dan menuju kompas.com, tuts jari terpaku pada beberapa video pilihan yang diantaranya memuat pesan kang Pepih – dedengkotnya Kompas – Kompasiana yang berbagi ilmu tentang Blogger menulis buku.

Beberapa catatan yang dapat saya petik dari video berdurasi sekitar tujuh setengah menit itu seperti nasehat tentang blogger agar mengisi blognya dengan tulisan yang kita kuasai dan tulisan yang kita sukai. Saya sependapat dengan kang Pepih, karena dengan menulis dengan adagium seperti itu maka kita akan mengisi blog kita dengan pendekatan hati, yaitu terhadap sesuatu yang kita kuasai dan sesuatu yang kita sukai.

Catatan lain adalah agar blogger tetap menjaga irama menulis dengan memperhatikan nilai berita – untuk mencapai nilai di mata penulisnya tentu dan dimata pembaca ataupun pengunjung blognya. Irama yang harus dijaga adalah: memperhatikan nilai berita yaitu PENTING, MENARIK dan BERMANFAAT. Saya pun mengakui, kadang kita terlupa untuk memperhatikan nilai-nilai berita tersebut, mungkin karena saking asyiknya menulis, atau bahkan karena ketidaktahuan kita ;-P

Kembali kepada judul video singkat tersebut, Blogger menulis buku, kang Pepih mengingatkan kita untuk memperhatikan tujuan awal kita memiliki blog. Apa tujuannya dan apa manfaat yang telah dirasakan. Kang Pepih mengingatkan pula bahwa blog yang telah (maupun akan) kita miliki dapat digunakan sebagai sarana, salah satunya sebagai arsip pembuatan buku kelak, jika si blogger tersebut memang berkeinginan untuk itu.

Dalam video itu diungkap pula beberapa contoh dari beberapa blogger (kang Wishnu Nugroho dan Raditya Dhika) yang telah menerbitkan buku dari blog-blog yang dimilikinya itu.

So, tulisan di atas sebagai catatan introspeksi dan penyemangat terutama bagi diri saya yang telah memiliki blog ini, semoga bisa juga kelak menerbitkan buku, seperti blogger-blogger yang telah terlebih dahulu memilikinya, yang salah satunya adalah dengan menjaga nilai berita dalam setiap postingan yang kita buat, sehingga akan dapat bermakna jika nantinya akan diterbitkan menjadi sebuah buku.

Semoga bermanfaat.

Bogor, 29 Januari 2014

@kangbugi

nb: nuhun kang Pepih.

[diposting juga di: http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2014/01/29/didalam-menulis-perlu-menjaga-nilai-berita-629777.html%5D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s