You’re our best, Son


Pagi ini dapat kabar berita dari istri saya kalau anak laki-laki kami yang baru masuk kelas satu SD di salah satu SD-IT di Bogor (sementara saya berkantor dan bekerja di Makassar), menjadi juara menghapal Al Quran (hafidz) – walau untuk tiga surah saja – sesuai kemampuan siswa kelas 1 SD di kelasnya. Sementara keesokan harinya akan di uji kemampuannya ‘bertarung’ dengan juara-juara dari kelas lainnya.

Yang ingin saya share di sini adalah bahwa anak kami itu pada dasarnya adalah pemalu sekali. kalau di suruh maju ke depan kelas, selalu tidak mau. Berkali-kali dicoba dengan bujuk rayu dan lain-lain, tetap tidak berhasil.

Akhirnya kami sudah sepakat, bahwa kami, orang tua hanya akan memberikan saran saja, dan keputusan ada pada diri anak kami itu sendiri, dan kami selalu berusaha mengajak diskusi, bertukar pikiran, tentang banyak hal.

Dan rupanya, cukup berhasil.

Sebelum perlombaan, ini cerita bundanya, mereka – anak dan bunda, disamping latihan menghapal, mendiskusikan pula hal-hal seputar lomba. Apa arti lomba, apa yang dilombakan, apa itu juri dan fungsinya, dan bagaimana seseorang bisa menjadi juara dan bagaiman sikap kita jika tidak menjadi juara, de el el deh. Dan yang terpenting kami tekankan adalah bahwa bukan juaranya yang mau Babab (begitu sebutannya untuk ayahnya) & Bunda harapkan, tapi usahanya, kerja kerasnya, karena kalah atau menang, anak kami ini adalah tetap yang terbaik dimata kami.

Alhamdulillah, ia mengerti apa yang telah kami diskusikan. Ternyata ia malah berhasil menjadi juara pertama dan siap untuk mengikuti lomba selanjutnya.

Apapun dan bagaimanapun, you’re our best, Son.

Makassar, 29/07/2013

@kangbugi

[reblog from: http://bugisumirat.blogdetik.com/2013/07/29/youre-our-best-son/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s